Amaliyah Hasanah Di Tanah Suci : Beli Banyak Kurma Dan Bagikan

Selepas rangkaian umrah atau haji, kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah di dalam dua masjid yang penuh keutamaan, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Perbanyak itikaf atau berdiam di dalam masjid dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Selama i’tikaf itu kita bisa mengisinya dengan memperbanyak towaf sunnah, jika di Makkah, dan ragam ibadah lainnya.

Agar selama ibadah towaf atau i’tikaf di dalam masjid tidak terganggu oleh perut yang lapar, ada baiknya kita berbekal makanan. Sehingga kalaupun mau i’tikaf dari pagi sampai sore, kita tidak perlu pulang ke Hotel untuk makan. Cukup dengan membawa bekal ke masjid (selalu siap dengan tempat makanan dan minuman).

Sebelum memasuki Masjid Nabawi ataupun Masjidil Haram, akan banyak dijumpai penjual kurma kiloan dengan harga beragam. Belilah untuk keperluan sendiri, dan untuk dibagikan. Sambil menunggu adzan, kita bisa membagikannya ke jama’ah di samping kiri kanan kita. Membagikannya sambil menyapa satu persatu dengan kalimat persaudaraan yang universal, “Assalamu’alaikum”, siapapun dan dari mana pun asalnya, pasti semua muslimin di sana paham sapaan yang penuh doa ini. Maka insyaAllah kita akan merasa memiliki banyak saudara lintas negara. Senyuman dan kalimat salam, serta beberapa butir kurma yang kita berikan semoga dapat menjalin persaudaraan baru, dan menjadi jalan kebaikan.

Di Masjidil Haram maupun Masjid Nabawi akan tersedia berlimpah air zamzam. Disimpan dalam dispenser-dispenser yang terletak di beberapa titik masjid. Ini juga ladang kebaikan untuk kita. Saat memasuki masjid (sebelum towaf atau i’tikaf) isi dulu tempat minum yang telah dibawa dari hotel, atau bisa gunakan gelas yang tersedia. Isi satu gelas untuk sendiri, satu lagi untuk dibagikan airnya kepada yang membutuhkan.Bisa kita bagi ke teman di samping kita, atau jika sedang towaf, kita bisa membaginya kepada yang terdekat.

Seperti sepele, tapi bukankah tidak ada amalan kecil di hadapan Rabb yang Maha Besar?Karena kita pun tak pernah tahu amalan mana yang akan memberatkan timbangan kebaikan di akhirat kelak. Bisa jadi seteguk air di tengah teriknya matahari yang kita berikan kepada saudara muslim, akan dapat melepaskan dahaga kita di hari akhir nanti.

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Bekah

    Mudah, Aman dan Berkah

146total visits,1visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.