Bukan Hajar Aswad, Tapi Memiliki Keistimewaan Juga

Selain hajar aswad, ada satu sudut ka’bah yang juga diburu oleh para jama’ah haji dan umrah karena keutamaan yang dimilikinya. Yaitu rukun yamani.

Rukun yamani adalah sisi atau sudut (rukun) ka’bah yang menghadap ke arah Yaman. Atau disebut sudut arah Yaman. Sudut yang sejajar dengan hajar aswad ini sangat penting artinya bagi keistimewaan ka’bah. Di sudut ini setiap jamaah yang thawaf disunnahkan untuk menyalami atau mengusap dengan tangan kanan atau cukup dengan melambaikan tangan ke arah sudut ini dengan mengucap “Bismillah Wallahu Akbar”. Sebagaimana yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra. bahwa Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam menyalami Hajar Aswad dan Rukun Yamani saja. Sedangkan Ibnu Umar ra mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya mengusap keduanya yakni Hajar Aswad dan Rukun Yamani dapat menghapus dosa-dosa.”

umroh

(Sumber foto: https://hasanalsaggaf.wordpress.com)

Selain menyentuhnya dapat menghapus kesalahan-kesalahan, rukun yamani juga memiliki keutamaan lainnya.  Ibnu Mas’ud RA menuturkan, Rasulullah SAW pernah bersabda, ‘’Setiap kali sampai pada rukun yamani, aku selalu  bertemu dengan Malaikat Jibril.’’

Malaikat kemudian menjawab aamiin atas doa yang Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam panjatkan ketika berada diantara dua sudut ini yaitu Rukun Yamani dan Rukun Hajar Aswad, beliau membaca doa:

رَبَّنَآ آتِنَا فِي ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي ٱلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Artinya:”Ya Tuhan kami, berilah kami kabaikan didunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.” Al-Baqarah: 201.

Karenanya Rukun Yamani ini juga dipercayai sebagai salah satu tempat yang sangat baik untuk berdoa, dengan cara meletakkan tangan kanan lalu meminta kepada Allah SWT apa yang kita inginkan. Atau jika tidak memungkinkan untuk menyentuhnya, cukup lambaikan tangan dari kejauhan dan berdoa. Wallahu a’lam.

 

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

317total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published.