Hati-Hati! Berikut Ini 5 Hal yang Harus Diwaspadai Saat Umroh di Tanah Suci!

Melakukan ibadah Umroh pastinya membuat setiap manusia bersemangat dan tak sabar untuk segera sampai di sana. Namun nyatanya, ada beberapa hal yang harus diwaspadai saat Umroh.Apapun bisa terjadi dan kadang sulit untuk dihindari. Karena di sana Anda akan menjumpai jutaan manusia lainnya yang melakukan ibadah serupa. Belum lagi saat melakukan perjalanan untuk wisata Islami lainnya.

Kejadian-kejadian yang tak mengenakkan mungkin pernah dialami oleh para saudara, kerabat atau kenalan Anda saat melakukan Umroh.Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa meminta nasihat kepada mereka.Sehingga, Anda bisa menyiapkan mental dan fisik sebaik mungkin sebelum berangkat ke tanah suci.

Berikut ini ada 5 hal yang harus diwaspadai saat Umrohdan bisa menjadi acuan supaya Anda selalu berhati-hati di sana.

  1. Tertular Penyakit Jamaah Lain

Hal pertama yang harus diwaspadai ketika melaksanakan ibadah Umroh adalah tertular penyakit dari jamaah lain. Mungkin Anda merasa sudah sehat dan menjaga kondisi tubuh dengan baik, tapi Anda tak pernah tahu kapan penyakit bisa datang.Bisa jadi suatu saat Anda tertular penyakit, seperti gatal-gatal, flu, dan sebagainya. Apalagi Anda juga akan bertemu banyak orang dari seluruh dunia, tak hanya rombongan dari Indonesia saja. Untuk mencegah penularan penyakit, sebaiknya bawalah multivitamin dan obat-obatan pribadi.Siapkan juga masker, minyak angin, atau inhaler jika mempunyai riwayat sesak napas.

  1. Tersesat

Kemudian yang kedua adalah tersesat.Perlu Anda ketahui bahwa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang digunakan untuk melakukan ibadah Umroh itu bangunannya sangat luas.Setiap bagian mempunyai desain yang mirip dan masing-masing pintu memiliki nama tersendiri. Anda harus menghafalkan nama pintu masuk, karena Anda akan keluar lewat situ juga. Jika kelupaan, bisa-bisa Anda tersesat dan tak bisa pulang ke hotel. Hal ini seringkali terjadi pada jamaah yang sudah lanjut usia. Oleh karena itu, sebaiknya dampingi jamaah lanjut usia agar tidak mudah tersesat.

  1. Desak-Desakan Mencium Hajar Aswad

Hajar Aswad merupakan batu hitam yang letaknya ada di sudut Kakbah.Di titik inilah banyak jamaah yang mencoba untuk mencium hajar aswad. Segala cara pun dilakukan. Mulai dari senggol-senggolan, dorong-dorongan, bahkan pertengkaran hebat.Padahal sebenarnya mencium hajar aswad ini bukanlah rangkaian ibadah yang diwajibkan.Anda harus bisa menilai kondisi dan situasinya terlebih dahulu.Jika memang tidak memungkinkan, maka tak perlu dilakukan.

  1. Copet

Tak hanya Indonesia yang punya banyak copet, bahkan di dalam Masjid Nabawi pun Anda mempunyai kemungkinan bertemu pencopet. Biasanya ia menyasar tempat-tempat yang ramai dimana manusia sedang lengah dan saling berdesakan. Misalnya saat di toilet atau di tempat wudhu di saat para jamaah melepaskan barang-barang yang melekat di badannya. Sebagai tips, sebaiknya Anda tidak membawa dompet atau perhiasan. Bawalah uang secukupnya saja, lalu taruh di dalam kantung yang tersembunyi.

  1. Pelecehan Seksual

Pelecehan seksual pun juga sering dialami oleh kaum perempuan yang menjadi jamaah di sana. Pelecehan ini tak hanya dilakukan secara fisik, tapi verbal juga, meskipun Anda sudah memakai pakaian yang tertutup.Inilah mengapa penting sekali untuk memakai pakaian sesuai aturan dari Arab, yakni warna gelap. Karena biasanya pakaian muslim Indonesia mempunyai warna yang bervariasi, sehingga membuat pria Arab seperti melihat pemandangan baru,lalu mencoba menggoda Anda.

Tetaplah fokus dan jangan sampai semua hal yang harus diwaspadai saat Umroh tersebut merusak kekhusyu’an Anda.Kesiapan mental yang kuat memang diperlukan. Meskipun niatnya hanya untuk beribadah, tapi pasti ada saja ujian yang akan dihadapi.

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

503total visits,2visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id