HIJRAHNYA NABI DARI MEKKAH KE MADINAH

Sebelumnya tahukah kamu apa arti dari Hijrah? Mari kita bahas tentang hijrahnya nabi dari Mekkah ke Madinah…

Kata hijrah yang berasal dari bahasa Arab yang artinya meninggalkan suaatu perbuatan atau menjauhkan diri dari pergaulan atau berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Sedangkan hijrahnya nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah yaitu hijrah (berpindah) dari negeri atau daerah orang-orang yang kafir atau musyrik ke negeri atau ke daerah orang-orang muslim.

Masyarakat Arab dari berbagai suku yang setiap tahunnya datang ke Mekkah untuk berziarah ke Baitullah atau Ka’bah mereka menjalankan berbagai macam tradisi keagamaan saat berkunjung tersebut. Muhammad SAW melihat ini sebagai peluang untuk menyebarluaskan mengenai ajaran islam. Yang diantara mereka tertarik dengan ajarannya yaitu sekumpulan orang dari Yastrib.

Mereka menemui Muhammad SAW dan beberapa orang yang telah terlebih dahulu memeluk agama islam dari Mekkah di suatu tempat yang bernama Aqabah secara sembunyi-sembunyi. Setelah menganut islam, mereka kemudian bersumpah untuk melindungi para pemeluk agama islam dan Muhammad dari kekejaman penduduk Mekkah.

Pada tahun berikutnya, sekumpulan masyarakat islam dari Yastrib datang kembali ke Mekkah, mereka menemui Muhammad di tempat mereka bertemu sebelumnya. Mereka mengundang orang-orang islam yang berada ddi Mekkah untuk berhijrah ke Yastrib dikarenakan situasi di Mekkah yang tidak kondusif bagi keamanan para pemeluk agama Islam.

Muhammad akhirnya menerima ajakan tersebut dan memutuskan untuk berhijrah ke Yastrib pada tahun 622 M.

Pelajaran yang bisa diambil dari Hijrah nabi SAW bahwa Dakwah dan Akidah membutuhkan suatu pengorbanan yang sangat besar sekali.

 

SEMOGA BERMANFAAT

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

222total visits,1visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id