Jangan Ragu Untuk Mencukur Gundul Saat Tahallul

Begitu semua rukun dan wajib ibadah haji atau umrah telah diselesaikan, proses akhir dari umrah maupun haji disebut dengan tahallul (penghalalan kembali).

Tahallul ini memiliki bentuk-bentuk yang beragam, seperti jumrah aqabah, menyembelih hewan, tawaf ifadah di samping mencukur rambut (halq/taqshir) sebagai bentuk tahallul yang paling masyhur.

Tahallul dengan mencukur rambut terbagi dua. Pertama, halqyaitu mencukur gundul. Kedua, taqshiryaitu memangkas. Kedua jenis tahallul mencukur rambut ini diperkenankan.

Saat Rasulullah ﷺ mengerjakan haji wada’ dan usai beliau melontar jumrah aqabah pada 10 Dzulhijjah, lalu Nabi Muhammad ﷺ memanggil tukang cukur untuk mencukur gundul (halq) rambutnya.

Para sahabat pun mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah ﷺ dengan mencukur gundul kepala mereka. Namun, ada beberapa sahabat juga yang hanya memangkas (taqshir) rambutnya.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan bahwasannya Rasulullah ﷺ usai tahallul dengan bercukur berdoa, “Ya Allah rahmati orang yang mencukur gundul kepalanya…!

Para sahabat bertanya, “Bagaimana dengan yang hanya memendekkan rambut, wahai Rasulallah?”

Beliau ﷺ , “Ya Allah rahmati orang yang mencukur gundul kepalanya…!

Para sahabat bertanya lagi, “Yang memendekkan rambut, wahai Rasulallah?”

Beliau ﷺ , “Ya Allah rahmati orang yang mencukur gundul kepalanya…!

Para sahabat bertanya lagi, “Yang memendekkan rambut, wahai Rasulallah?”

Beliau ﷺbersabda. “Dan orang-orang yang memendekkan rambut”. (Hadits Muttafaqun ‘alaih)

Maka, dari keterangan hadits di atas yang lebih utama dilakukan oleh seorang jamaah haji maupun umrah saat mereka ber-tahallul adalah memangkas seluruh rambut atau menggundulinya.Sebab, mereka yang mencukur gundul rambut akan mendapat tiga kali doa Rasulullah ﷺ dibandingkan mereka yang hanya memangkasnya. Dengan catatan, ketentuan ini hanya berlaku bagi jamaah haji dan umrah pria, bukan wanita. Bagi wanita hanya diperkenankan mencukur rambut mereka seukuran buku jari saja.

Semangat di balik tahallul (mencukur atau memotong rambut di kepala) adalah agar kepala yang menjadi tempat berpikir dan pusat pengendali tindakan bisa disterilkan. Dari kepala, sumber dosa muncul dan terjadi pada diri manusia. Itulah sebabnya, salah satu doanya ketika mencukur atau memotong rambut di kepala adalah:

اَللّٰهُمَّ هٰذِهِ نَاصِيَتِى فَتَقَبَّلْ مِنِّى وَاغْفِرْلِى ذُنُوْبِى

Allaahumma haadzihi naa shiyatii fataqabbal minnii waghfirlii dzunuubii.

Ya Allah ini ubun-ubunku, maka terimalah dariku (amal perbuatanku) dan ampunilah dosa-dosaku.”

Rasulullah ﷺ bersabda, “Antara umrah yang satu dan umrah lainnya akan menghapuskan dosa di antara keduanya.” (HR. Bukhori, No. 1773)

Dr. Muhammad Syafii Antonio, M.Ec dalam menjelaskan Dimensi Filosofis Tahallul berkata, “Siapa saja yang mencukurnya, berarti dia telah berlepas diri dari hiasan keduniawian yang menggelayutinya, demi mengharapkan ridha Allah subhanahu wa ta’ala dan menjalan perintah-Nya.Sifat dari rambut adalah mudah untuk dipangkas, baik dengan gunting atau pisau cukur. Tidak jauh berbeda dengan rambut, dosa pun mudah dihilangkan, yaitu dengan kesungguhan taubat kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan memohon ampunan-Nya.”

As-Suwaidan menambahkan, meninggalkan segala perhiasan merupakan ungkapan seorang hamba, bahwa dirinya rela berlepas dari segala keduniawian demi mengdapatkan ridha Allah ta’ala. Sedangkan sifat ketergantungan terhadap dunia, hanya akan memberatkan kehidupan dan menjadikan diri terkurung oleh kenikmatan semu yang menjerat ke dalam neraka. Itulah ketergantungan pada kenikmatan duniawi. Padahal ketergantungan pada dunia adalah kehidupan yang hina.

Tahallul adalah “hadiah” atas kesungguhan dan kesabaran selama berihram atau menjalankan rangkaian ibadah haji/umrah. Dan mencukur gundul adalah bentuk ungkapan kesungguhan hamba meninggalkan ketergantungan pada perhiasan dunia.  Wallahu a’lam.

 

 

Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

 

896total visits,7visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.