Keagungan Air Zamzam

“Semoga Allah merahmati Ummu Isma’il”, ujar Nabi Muhammad SAW, “Seandainya dia tidak membendungnya, niscaya mata air ini ( Zamzam ) menjelma sungai yang mengaliri Makkah.”

Ustadz Salim A. Fillah bertutur mengenai keutamaan air zam-zam berikut ini,

“Air pada hakikatnya adalah berkah. Ia turun menghidupkan bumi sesudah matinya, menjadikan tunas lembut tumbuh menembus tanah yang padat, menyusuri pembuluh-pembuluh makhluq dan menopang hayat mereka. Dari itu, seberkah-berkah air adalah yang memancar sebagai penanda iman wanita mulia, hantaman sayap malaikat Jibril, dan jamuan minum Allah bagi bayi Isma’il.”

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ “

Sebaik-baik air di muka bumi adalah air zam-zam. Ia dapat menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.” (HR Abu Dawud)

Tidak seperti air mineral pada umumnya, air zamzam mengandung elemen-elemen alamiah sebesar 2000 miligram (mg) per liter. Biasanya, air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen-elemen kimiawi yang terkandung dalam air zamzam meliputi positive ions, seperti sodium (250 mg per liter), kalsium (200 mg per liter), potassium (20 mg per liter), dan magnesium (50 mg per liter), serta negative ions, seperti sulfur (372 mg per liter), bicarbonates (366 mg per liter), nitrat (273 mg per liter), fosfat (0.25 mg per liter), dan ammonia (6 mg per liter). Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Lebih dari itu, kita sebagai umat muslim meyakini adanya keberkahan. Air zamzam ini penuh keberkahan dari orang-orang mulia dan mengalir di tempat yang suci.

Adalah Abu Dzar Al Ghiffary Radhiyallahu ‘Anhu tiba di Makkah untuk mencari Rasulullah. Namun dia tak bertanya yang mana Muhammad, sebab khawatir hal itu membahayakan keselamatannya. Nyaris sebulan tanpa bekal dia ‘keluyuran’ di Makkah mencuri dengar berbagai pembicaraan sampai akhirnya dapat menjumpai Sang Nabi ﷺ. Ketika itu Abu Dzar menjadi gemuk dan terlihat jelas lipatan-lipatan di perutnya. Maka bertanyalah beliau, “Apakah yang kaumakan selama sebulan?” “Tidak ada”, jawab Abu Dzar, “Selain Zamzam.” Rasulullah ﷺ menimpali,  مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ “Air Zam-zam itu berkhasiat sesuai yang diniatkan ketika meminumnya.” (HR Ahmad)

Menjelaskan hadits di atas, Ustadz Salim A. Fillah berkata, “Maka siapa meminumnya untuk melenyapkan dahaga, niscaya Allah hilangkan hausnya; siapa meminumnya untuk mengatasi laparnya, niscaya Allah karuniakan kenyang padanya; siapa meminumnya agar dihilangkan penyakitnya, niscaya Allah anugrahkan kesembuhan baginya.”

Dari hadits di atas pula mayoritas ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca saat meminum air zamzam adalah doa yang mustajab.Apakah ada doa khusus saat meminum air zamzam?

Al Imam Ad Daruquthny meriwayatkan bahwa apabila meminum air zamzam ‘Abdullah ibn ‘Abbas berdoa: اللهم إني أسألك علماً نافعاً، ورزقاً واسعاً، وشفاءً من كل داءAllahumma innii as-aluka ‘ilman nafi’an, wa rizqon waasi’an, wa syifaa-an min kulli daa-in. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadamu ilmu yang bermanfaat, rizqi yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Di riwayat lain, Shultonul Auliya Syaikh Abdul Qadir Jaelani mengajarkan membaca “Yaa Maa-u, Yaa Maa’u Zam zam, Uqri’uka assalaam” (Wahai air zamzam, kuucapkan untukmu salam sejahtera) lalu berdoalah.

 

 

By : Kabilah Tour Murah, Aman dan Berkah

50total visits,1visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.