Keutamaan Pemakaman Baqi’ Madinah

Pekuburan Baqi, atau biasa disebut dengan Jannatul-Baqi’ (جنة البقيع) adalah pemakaman utama yang terletak di Madinah, berseberangan dengan Masjid Nabawi dimana Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam dikuburkan. Di pemakaman ini banyak terdapat keluarga serta sahabat Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam yang dikuburkan.

Dalam sebuah hadits dari ‘Aisyah Radliyallahu ‘anh, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari rumahnya menuju pekuburan Baqi’, lalu mengucapkan salam “Assalamu’alaykum Dara Qaumin Mukminin, wa Inna Insyaallahu bikum Laa Hiquun“, diiringi do’a “Ya Alah barikanlah ampunan kepada penghuni pekuburan Baqi’ al-Gharqad”.

Keutamaan Baqi’
1. Jenazah yang dimakamkan di Baqi’ akan dibangkitkan pertama di Padang Mahsyar. 
Rasulullah saw. Bersabda : “Aku adalah orang pertama yang akan dikeluarkan dari bumi pada hari kiamat, dan aku adalah orang pertama yang akan dibangkitkan. Aku, Abu Bakar ra. dan Umar ra. keluar menuju pemakaman Baqi`, kemudian mereka semua dibangkitkan, lalu penduduk Mekah. Kemudian semuanya berkumpul memenuhi antara Dua Tanah Haram  Madinah dan Mekah).” (HR. Tirmidzi)

2. 70.000 dari penghuni Baqi’ dibangkitkan dan masuk surga tanpa hisab.
Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, mengatakan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda “Barangsiapa yang mati di Kota Madinah hendaklah dia mati, sesungguhnya aku memberikan syafa`at bagi yang mati di dalamnya”.
Ada lagi sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam yang mengatakan, “Barangsiapa yang mati di salah satu dua kota suci (Makkah dan Madinah) maka kelak dia akan dibangkitkan dalam keadaan aman pada hari Kiamat,”

Sangat dianjurkan untuk kita saat berada di Madinah berziarah ke Pemakaman Baqi’, mendoakan dan memberikan salam penghormatan kepada mereka, sebagaimana yang dilakukan Baginda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam dengan berkata, “Assalamu’alaykum Dara Qaumin Mukminin, wa Inna Insyaallahu bikum Laa Hiquun, Allahumaghfir li ahli Baqi..” yang artinya, “Assalamu’alaikum tempatnya orang-orang beriman, dan sungguh bila Allah menghendaki kami akan menyusulmu. Ya Allah, berikanlah ampunan untuk para penduduk Baqi’.”

Di antara yang dimakamkan di Pemakaman Baqi’ adalah putri-putrinya Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam, dan para istrinya, radhiyallahu ‘anhun. Terdapat juga makam keluarga Hasyim radhiyallahu ‘anhu, para sahabat utama seperti Sayyidina Utsman bin’affan radhiyallahu ‘anhu, serta makam Imam Malik bin Anas, dll.

 

 

by : Kabilah Tour Mudah, Aman Dan Berkah

454total visits,5visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.