Kota Mekkah , Kota tertua di Dunia. Benarkah?

Tahukah Anda bahwa Kota Mekkah Al-Mukaromah merupakan Kota tertua di dunia?

 

Semua umat islam di dunia pasti mengenal yang namanya kota mekkah. Kota yang merupakan  tujuan utama bagi setiap muslim yang ingin melaksanakan salah satu rukun islam yaitu ibadah haji, Hajjul Akbar dan yang ingin melaksanakan ibadah Umroh, Hajjul Ashghor. Kota ini juga sering di juluki Al Mukaromah, karena kota mekkah merupakan salah satu kota yang di muliakan oleh Allah Subhanahu Wata’aala dengan di dalamnya terdapat sebuah bangunan yang menjadi kiblatnya Umat Muslim di seluruh dunia yakni Ka’bah.

Allah Subhaanahu Wata’aala berfirman dalam surat Ali Imran ayat 96 yang artinya wallaahua’lam,

 “ Bahwa sesungguhnya bangunan (rumah) yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia”.

Dalam tafsir Jalalain di sebutkan bahwa Baitullah di jaga dan di rawat oleh malaikat sebelum Nabi Adam a.s. di ciptakan. Juga dalam sebuah hadits di sebutkan bahwa ka’bah yang ada di Mekkah yang mula-mula muncul di  permukaan air ketika langit dan bumi di ciptakan sebagai buih yang putih.

Kota Mekkah terletak di kawasan Hijaz, 70 km arah timur kota jeddah, Kerajaan Saudia Arabia, dengan posisi 21°27’ lintang Utara dan 34°49’ bujur timur. Sekelilingnya mendapatkan penjagaan khusus dari para malaikat, bermula ketika Nabi Adam as meminta kepada Allah Subhaanahu Wata’ala untuk terlindungi dan terhindar dari godaan Iblis, setelah sebelumnya di turnkan dari Surga. Menurut Junaidi Halim dalam bukunya Makkah- Madinah dan Sekitarnya menerangkan batas-batas kota Mekkah yang mendapatkan penjagaan dari malaikat adalah sekitar 7 km Masid al-Haram dari Utara, 13 Km ke arah selatan, 25 km dari arah barat dan 25 km dari arah timur. Dan juga beliau salah seorang yang menyebutkan bahwa Kota Mekkah merupakan Kota tertua di dunia. Yang juga sama pendapatnya adalah Syahruddin El-Fikri, penulis buku Situ-Situs Al Quran.

Dengan demikian jelaslah bahwa Kota Mekkah merupakan Kota Tertua di dunia dan menjadi salah satu kota yang memiliki daya magent yang luar biasa untuk orang ingin mengunjunginya walau harus bersusah payah. Semoga Allah Subhaanahu Wata’ala memudahkan kita semua untuk bisa berkunjung untuk melaksanakan ibadah Haji atau Umroh .

Yuk, bagi yang sudah berniat Umroh dan sudah mempersiapkan untuk keberangkatan di tahun 2017-2018, bergabung lah bersama Kabilah Tour, Umroh Mudah, Aman, Menyenangkan.

35605total visits,114visits today