Masjid Assjdah, Di Lokasi Ini Nabi Muhammad Pernah Syujud Syukur Amat Lama

Di lokasi yang berjarak 900 m dari Masjid Nabawi ini, Baginda Nabi Muhammad ﷺ pernah bersujud syukur amat lama. Untuk mengenang peristiwa tersebut, di tempat beliau bersujud syukur ini kini berdiri sebuah masjid dinamakan Masjid Assajdah atau Masjid Asysyukur, yang hingga kini dapat diziarahi oleh para peziarah di Madinah.

Pertanyaannya, kebahagiaan atau kenikmatan apa gerangan yang membuat Baginda Nabi Muhammad ﷺ bersujud syukur demikian lama? Bahkan saking lamanya, sebagian sahabat Nabi menyangka beliau telah meninggal.

Sudah tentu nikmat yang Baginda Nabi Muhammad ﷺ dapatkan saat itu adalah sebuah nikmat yang luar biasa.

Adalah Malaikat Jibril mendatangi Baginda Nabi Muhammad ﷺ memberikan kabar gembira kepada siapa saja yang bersholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ maka ia akan memperoleh rahmat dan keselamatan dari Allah ﷻ . Atas kecintaannya Baginda Nabi Muhammad ﷺ pada ummatnya, beliau amat bersyukur dengan perintah shalawat ini. Seketika itu juga Rasulullah ﷺ bersujud sangat lama sekali sebagai rasa syukur bahwa umatnya mendapat anugerah yang begitu besar dari Allah ﷻ hanya dengan bershalawat sekali saja.

Sebab dengan bershalawat kepada Nabi selain untuk mengagungkan beliau juga dimaksudkan agar shalawat menjadi sarana bagi kita untuk mendapatkan pahala dan anugerah dari Allah ﷻ yang berlimpah ruah.

Dalam hal ini Rasulullah ﷺ pernah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ وَاحِدَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ عَشْرًا

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali.”

Orang yang mendapat shalawat dari Allah ﷻ berarti dia mendapatkan anugerah yang sangat besar dari-Nya. Inilah kenapa ekspresi Rasulullah ﷺ sedemikian bahagianya ketika diberitahu malaikat Jibril perihal orang yang bershalawat kepada Nabi ﷺ akan mendapat sepuluh shalawat dari Allah ﷻ.

Dengan demikian sesungguhnya yang membutuhkan shalawat bukanlah diri Rasulullah ﷺ, namun umat beliau, kita. Sebab ketika seseorang bershalawat kepadanya maka ia akan mendapatkan limpahan anugerah, kasih sayang, dan ampunan dari shalawatnya itu.

Melihat pentingnya sejarah, Masjid Assajdah ini dipugar dan diperluas dengan gaya arsitektur modern pada masa Kerajaan Arab Saudi; luasnya mencapai 182,2 meter persegi. Pada pilarnya terdapat menara yang indah. Di masjid itu selalu dilaksanakan shalat berjamaah lima waktu.

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

924total visits,4visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.