Memperbanyak Tawaf Sunnah

Diriwayatkan dalam sebuah hadis dari Ibnu Abbas Riwayat Imam Al Baihaqi bahwa 120 rahmat diturunkan Allah SWT setiap hari di Baitullah. Empat puluh rahmat di antaranya diberikan bagi mereka yang mengerjakan tawaf. Tawaf adalah kegiatan mengelilingi ka’bah tujuh kali putaran dimulai dan diakhiri pada Hajar Aswad dan Ka’bah selalu diarah kiri.

Setiap saat, kecuali waktu shalat, ka’bah tidak pernah sepi dari orang yang bertawaf berputar mengelilingi Ka’bah. Ada di antara mereka yang mengerjakan umrah dan tidak sedikit dari mereka yang melakukan tawaf sunnah.

Kita bisa membedakannya dari pakaian yang mereka kenakan. Adapun yang sedang mengerjakan umrah maka pakaian mereka adalah pakaian ihram. Sedangkan, yang melakukan tawaf sunnah, mengenakan pakaian biasa seperti yang dipakai orang kebanyakan.

Ada 5 jenis tawaf yang boleh dilakukan oleh jamaah haji selain tawaf sunnah adalah tawaf qudum (dilakukan oleh jamaah haji ifrad yang tidak mengerjakan umrah sebelum haji).

Kemudian, tawaf ifadah (rukun haji yang dilaksanakan usai jumrah aqabah dan tahalul), tawaf wada (wajib haji sebagai penutup rangkaian ibadah haji), serta tawaf umrah (tawaf yang dilakukan oleh haji tamattu dalam rangkaian umrah sebelum haji).

Semua tawaf selain tawaf sunnah ada saat dan waktu yang telah ditentukan dan semuanya tidak bisa dilakukan berulang kali. Berbeda dengan tawaf sunnah, boleh dilakukan kapan saja dan bisa dikerjakan berulang kali.Hanya bila shalat fardhu dilaksanakan,kegiatan tawaf sunnah dihentikan sesaat, lalu kemudian dilanjutkan kembali. Jadi mumpung di sana, isi waktu dengan perbanyak tawaf sunnah. Sebab tawaf adalah ibadah yang hanya bisa dilakukan di Masjidil Haram.

Hal ini seperti yang disampaikan dari Ali bin Abi Thalib yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Perbanyaklah melakukan tawaf di Baitullah semampu kalian sebelum kalian terhalang untuk melakukannya.” (Akhbar Mekkah, Fathul Bari, Musannaf Abdurrazaq).

Datang ke Masjid minimalnya 2 jam sebelum waktu shalat fardhu, lalulakukan tawaf sunnah sebagai sebuah tahiyyat (penghormatan) kepada Baitullah. Sangat dianjurkan bagi setiap jamaah haji atau umrah begitu masuk Masjidil Haram untuk mengerjakan tawaf sunnah selagi sempat.

Inilah satu-satunya masjid di dunia yang tahiyatnya dengan tawaf bukannya shalat dua rakaat tahiyyatul masjid. Namun, bila waktu dan kondisi tidak memungkinkan untuk tawaf sunnah, kita diperkenankan menggantinya dengan shalat sunnah tahiyyatul masjid.

Adapun tata cara tawaf sunnah adalah sama dengan jenis tawaf lainnya, dilaksanakan dalam kondisi suci dari hadats atau najis. Caranya yaitu :
1. Di mulai dengan cara istilam, atau melambaikan tangan dan mengecupnya dari kejauhan kearah Hajar Aswad,
2. Melanjutkan perjalanan berputar kearah kiri dengan mengelilingi Ka’bah sebanyak 7x (atau lebih juga boleh).
3. Setelah selesai tawaf, berdoa di depan Multazam (antara Hajar Aswad dan PintuKa’bah) di sini tempat mustajab doa. Jika memungkinkan, lanjut mencium Hajar Aswad.
4. Pergi kearah Maqam Ibrahim, shalat sunnah tawaf di belakang Maqam Ibrahim (atau searah Maqam Ibrahim).
5. Lalu ke Hijr Ismail. Shalat sunnah di Hijr Ismail, lanjut berdoa di bawah talaga emas yang berada di dalam Hijr Ismail. Ini juga tempat mustajab doa.

Jika waktu tidak memungkinkan dan hanya bias melaksanakan tawaf, tidak apa-apa tanpa diikuti shalat sunnah setelahnya baik di belakang Maqam Ibrahim maupun di Hijr Ismail.

Tawaf sunnah ini tidak perlu menggunakan pakaian ihram dan tidak perlu mengambil miqot. Kapanpun anda masuk Masjidil Haram silakan langsung tawaf sunnah. Dan selama tawaf dianjurkan memperbanyak istighfar dan dzikir lainnya, serta memperbanyak berdoa.

Ibnu Umar menceritakan bahwa dia mendengar Rasulullahshalallahu ‘alaihiwasallambersabda, “Barang siapa melakukan tawaf di Baitullah, maka Allah AzzaWaJalla akan mencatat satu kebaikan dan menghapus satu keburukan untuk setiap langkahnya.” (Al-Azraqy: II/3).

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

50total visits,1visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.