Mengapa Umrah Ramadhan ?

Mengapa saat Ramadhan dimana dalam kondisi berpuasa dan cuaca yang tidak terlalu nyaman untuk berlelah-lelah ibadah justru menjadi high session-nya umrah? Biaya umrah Ramadhan pun lebih tinggi daripada musim-musim lain. Kenaikan biaya pesawat saja bisa sampai 100 % naiknya. Namun tetap saja umrah Ramadhan banyak peminatnya. Bahkan diestimasi jama’ah yang memenuhi Masjidil haram saat Ramadhan bisa mencapai 7 juta jiwa.

  Mengejar Keutamaan Ramadhan

Mereka para tamu Allah itu mengejar berbagai keutamaan yang dijanikan. Pertama, keutamaan bulan Ramadhan. Kedua, keutamaan umrah di bulan Ramadhan. Ketiga, umrah dan beribadah lainnya di bulan Ramadhan di dua tanah suci yang penuh kemuliaan.

Jika ditarik benang merahnya umrah Ramadhan menjadi istimewa karena keutamaan Bulan Ramadhannya. Kita ketahui bersama saat bulan Ramadhan ini saat Allah Swt melipatgandakan pahala hingga ribuan kali lipat. Di luar bulan Ramadhan shalat yang dilaksanakan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi diganjar 100.000 x lipat. Itu di luar Ramadhan. Shadaqah juga begitu. Di hari-hari biasa, Allah menjanjikan kelapangan hati dan rizki, serta dijauhkan dari maribahaya bagi sesiapa saja yang bersedekah. Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam mengabarkan shadaqah terbaik adalah shadaqah di bulan Ramadhan. Apalagi harta yang dikeluarkan adalah untuk menunaikan ibadah umrah, balasannya berlipat. Lalu, mengapa umrah Ramadhan?

 Umrah Ramadhan Senilai Ibadah Haji Bersama Rasulullah

Begitu pula dengan pahala umrah di Bulan Ramadhan. Ibadah umrah dapat selesai sekitar 2 sampai dengan 3 jam. Sedangkan untuk haji memerlukan waktu setidaknya 6 hari baru selesai. Namun saat Bulan Ramadhan, umrah akan diganjar pahalanya menyerupai pahala haji.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عُمْرَةٌ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ حَجَّةً

Dari Ibnu Abbas RA ia berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.’” (Hadits Riwayat Ibnu Majah)

Ditambah lagi berita gembira bahwa umrah Ramadhan senilai ibadah haji bersama sang Jungjungan, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam.

فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Sabda Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ini dengan sangat jelas menunjukkan keutamaan atau anjuran untuk menjalankan ibadah umrah di bulan Ramadhan.

Lantas, apa yang dimaksudkan dengan menyamai ibadah haji? Abdurrauf Al-Munawi dalam At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghir menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “Ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan sama dengan ibadah haji” adalah dari sisi pahalanya. Hal ini berarti bahwa ibadah umrah di bulan puasa Ramadhan tidak dengan serta merta menggugurkan kewajiban haji.

Hari ini untuk menunaikan ibadah haji harus melalui antrian tahun yang tidak sebentar. Maka keutamaan umrah Ramadhan ini menjadi kabar gembira yang menyejukkan. Dengan tetap berniat menunaikan ibadah haji, kita pun bisa mengikrarkan dalam hati bahwa dengan umrah Ramadhan kita sedang berusaha menunaikan rukun islam yang kelima.

 Nikmat Beribadah di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

Selalu ada keharuan saat dapat berbuka puasa bersama dan beribadah lainnya secara bersama-sama di bulan Ramadhan. Ketika umrah Ramadhan, kita akan menyaksikan kekuasaan Allah mengumpulkan hamba-hambaNya dari berbagai penjuru dunia dalam ketaatan. Kita akan menyaksikan kemurahan hati dimana-mana, kemauan beribadah yang tinggi, kesyahduan dalam bermunajat dan beribadah. Banyak yang sudah menjadi saksi bagaimana umrah di bulan Ramadhan menjadi Ramadhan terbaiknya, karena merasa dapat memaksimalkan waktu dengan sebaik mungkin untuk beribadah mendekatkan diri kepada Allah. Rasanya amat mudah melakukan kebaikan, dan terjauh dari melakukan hal-hal yang tidak baik dan sia-sia.

Apakah ini yang dimaksud “Umrah Ramadhan seperti haji bersamaku”, kebersamaan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam ada pada tingginya semangat beribadah menggapai ridha Allah, mengalahkan rintangan cuaca serta lapar haus dahaganya puasa.

Wallahu a’lam.

 

 

By : Kabila Tour Mudah Aman & Berkah

 

329total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published.