Mengintip Cara Kerja Aplikasi Khusus untuk Perlindungan Calon Jama’ah Haji dan Umroh

Maraknya penipuan pada calon jama’ah umrah dan haji yang dilakukan oleh oknum-oknum biro perjalanan kian membuat resah masyarakat. Anggota perwakilan rakyat di DPR tak luput menjadi sasaran pengaduan.

Dilatari oleh hal tersebut, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis mendesak Permusyawarahan Asosiasi Travel Umrah dan Haji Khusus (PATUH) membuat sistem pendaftaran secara online.

“Buat saja tiket dan hotel secara online, kemudian masukkan data dan calon jamaah dapat dua hal bukti tiket pesawat dan hotel di Saudi. Itu saja sudah hampir 60% mengcover biaya umroh dan tak mungkin tertipu lagi,” ungkapnya dalam RDPU dengan Asosiasi Perjalanan Umro-Haji di Jakarta, Rabu (31/1/2018) sore.

Mengenai pembuatan aplikasi berbasis daring ini sebelumnya pernah disampaikan juga oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin beberapa waktu lalu.Mengatakan bahwa pihaknya sedang menyusun sistem informasi dan regulasi.

“Kita hampir menyelesaikan sistem aplikasi berbasis elektronik yang bernama SIPATUH, Sistem Informasi Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus,” terang Menag usai upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama di Jakarta, Rabu (03/01).

Terkait regulasi, sebagaimana yang dilansir dari website kemenag.go.id, Menag mengaku sedang menyiapkan aturan tentang penetapan biaya atau harga referensi dan batas minimal layanan biro travel. Harga referensi itu nantinya menjadi acuan bagi PPIU dalam menetapkan biaya perjalanannya masing-masing.

“Kita tidak ingin antar biro travel berlomba semurah mungkin, padahal tidak realistis sehingga yang menjadi korban adalah jemaah,” tegas Menag.

“Kita ingin semua mengacu pada harga referensi dan itu kita buat pada batas pelayanan minimal yang harus diberikan biro travel,” tandasnya.

Cara kerja

Sistem kerja aplikasi pendaftaran daring yang diusulkan Anggota DPR Komisi VIII seperti Tokopedia atau Tiket.com, yang mana menghubungkan kesemua jaringan penerbangan dan hotel termasuk keuangannya bias dikontrol dengan cepat.  “Bisa juga dimasukkan biaya operasional dan pembimbing dalam online, maka setidaknya 70% biaya komponen umroh terkontrol dengan baik.” Tukas Wakil Ketu aKomisi VIII DPR RI Iskan QolbaLubis.

Sementara itu, cara kerja aplikasi Sipatuh yang tengah dikembangkan oleh Kemenag rencananya akan diwajibkan digunakan oleh Penyelenggara Perjalan Ibadah Umrah (PPIU).

Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan PPIU yang harus menggunakan aplikasi ini adalah mereka yang menawarkan paket program dan pendaftaran calon jamaah umrah. Ini merupakan bagian dari usaha pemerintah untuk memperketat mekanisme pelayanan yang diberikan oleh PPIU.

Di aplikasi ini mereka harus mengisi data calon jamaah. Selanjutnya, setiap jamaah akan mendapatkan nomor registrasi yang bisa dipantau aktivitas prosesi ibadah umrahnya secara terbuka oleh masyarakat.

“Jamaah umrah dapat melihat kapan akan berangkat, apakah tiketnya sudah ada, menggunakan maskapai apa, hotel menginapnya di mana, visanya sudah dapat apa belum,” jelasnya lagi.

Jika dalam 10 hari sebelum keberangkatan belum ada visa calon jamaah umrah, kata Dirjen, Kemenag akan memberi peringatan kepada PPIU. PPIU dalam mengisi aplikasi akan menentukan nilai akreditasinya. PPIU yang kinerjanya tidak baik, akan dicabut izin operasionalnya.

Menag menegaskan aplikasi ini akan menjadi sarana kendali dari pemerintah dan masyarakat untuk mengakses berbagai aktivitas jamaah umrah. Dengan begitu, kejadian-kejadian adanya biro travel menelantarkan dan tidak menepati janji bagi calon jamaah umrahnya bisa ditekan.

Tentunya tidak sedikit yang menanti kabar baik selanjutnya mengenai kapan aplikasi khusus ini akan rilis dan manfaatnya terasa oleh kita semua.

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

896total visits,4visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id