Nasehat Imam Al-Ghazali Saat Menyaksikan Ka’bah

 

Ketika mata menyaksikan Ka’bah di Masjidil Haram, Imam Al-Ghazali menasehati para jamaah hendaknya segera mengagungkannya di dalam hati, seakan-akan menyaksikan Pemilik Ka’bah yakni Allah, karena betapa Dia sangat mengagungkan tempat tersebut.

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِلْعَالَمِينَ

Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.” (QS. Ali Imran: 96)

Ka’bah agung bukan karena bentuk bangunannya. Melainkan karena diagungkan oleh Yang Maha Agung. Imam At-Thabari (224-310 H) mengatakan, kata Al-Bait berarti rumah pertama yang dipakai untuk beribadah atau berhaji, tempat yang penuh keberkahan, dan penuh dengan petunjuk dari Allah subhanahuwata’ala bagi semesta alam.

Selanjutnya, Imam Al-Ghazali pun menganjurkan kita saat melihat ka’bah untuk memohon kepada Allah agar diberi karunia dapat melihat wajah-Nya kelak di akhirat, seperti Allah telah melimpahkan karunia kepada kita melihat Baitullah.Bersyukur kepada Allah atas nikmat  yang diterima sampai pada derajat ini, kita termasuk orang-orang  yang diberi kesempatan mengunjungiBaitullah. Hal itumerupakannikmat yang luariasa yang harusdisyukuri.

Semuanya atas kehendak Allah. Bukan harta yang menyampaikan seseorang keBaitullah, bukan pula disebabkan derajat atau jabatan. Semata-mata hanya atas kehendak Allah seorang hamba dimampukan sampai ke Baitullah.

Dan ingatlah, lanjut Imam Al-Ghazali, “Pada Hari Kiamat manusia berjalan berduyun-duyun menuju surga, karenamereka semua berharap memasukinya. Setelah itu, manusia terbagi menjadi kelompok yang diizinkan masuk dan kelompok yang ditolak masuk. Begitu pula orang haji atau umrah, mereka terbagi menjadi dua yaitu, kelompok yang ibadahnya diterima dan kelompok yang ibadahnya ditolak.  Jangan sekali-kali lupa dari mengingat urusan akhirat, setiap kali melaksanakan manasik haji. Karena semua kondisi dalam haji merupakan dalil atas kondisi di akhirat.”

Semoga Allah ta’ala, Tuhan Pemilik Ka’bah, menerima amal ibadah kita. Aamiin.

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

617total visits,4visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.