Costumer Cantre [ Ghia ]

Assalamualaikum?

Saat Aisyah Membuntuti Nabi ke Pemakaman Baqi

Pernah terbayang bagaimana seorang istri Nabi memiliki tingkat penasaran tinggi atau kepo terhadap suaminya? Penasaran yang ini beda, sebab jadi jalan keilmuan. Adalah Siti Aisyah radhiyallahu ‘anha, salah seorang istri Nabi Muhammad Saw yang terkenal akan kecerdasannya. Kecerdasan ini nampak ketika suatu malam tiba giliran Rasulullah ﷺ menginap di rumah beliau.


Aisyah bercerita,” Ketika tiba giliran Rasulullah ﷺ di rumahku, beliau mulai membuka baju luarnya, membuka sandal dan meletakkan didekat kakinya, lalu membentangkan ujung kainnya di atas kasur. Lalu beliau berbaring dengan tenang sehingga mengira aku telah tertidur pulas. Tiba-tiba beliau bangun dan mengenakan baju luarnya dengan pelan-pelan lalu keluar dari kamarku dengan pelan-pelan. Melihat kejadian itu, aku segera mengambil penutup kepala dan mengarungkan kain pada bagian atas tubuhku lalu memmbuntuti beliau dari belakang.

Ternyata Rasulullah ﷺ ke Pemakaman Baqi. Di sana Rasulullah ﷺ berdiri lama sekali lalu mengangkat tangannya 3 kali, lalu membalikkan tubuhnya. Ketika kulihat beliau membalikkan badan dan berjalan mempeercepat langkahnya, aku pun lebih cepat jalannya. Ketika beliau berlari akupun berlari dan aku berhasil masuk ke rumah lebih awal. Ketika beliau sampai di rumah dan masuk rumah Rasulullah ﷺ bertanya,” Ada apa denganmu wahai Aisy? Mengapa nafasmu tersengal-sengal?”
Aku menjawab,” Tidak ada apa-apa.” Rasulullah ﷺ mendesak,” Engkau mau memberi tahuku atau biar Allah yang memberi tahu?” Aku pun menjawab,” Wahai Rasulullah, biarlah ayah dan ibuku yang menjadi tebusanmu, (lalu aku menceritakan apa yang aku lakukan). Setelah selesai, Rasulullah ﷺ berkata,”Berarti bayangan hitam di depanku tadi adalah kamu!” Aku jawab,”Benar.” Rasul ﷺ memukul dadaku dengan tangannya hingga aku merasa sesak, kemudian beliau berkata,” Apakah kamu mengira bahwa Allah dan Rasul-Nya akan menzhalimimu!” Aku berkata dalam hati,”Sehebat apapun aku menyembunyikan maka pasti Allah akan mengetahuinya.” Maka saat itu aku jawab dengan tulus,’Benar.’
Beliau langsung menjelaskan,”Ketika kamu melihatku melakukan itu, Jibril datang menemuiku dan memanggilku dengan suara yang tidak kamu dengar. Dia tidak mungkin masuk karena kamu siap-siap tidur. Ketika aku mengira bahwa kamu telah tertidur pulas, aku segera keluar dengan pelan-pelan, karena takut membangunkanmu. Jibril berkata kepadaku,” Sesungguhnya Rabbmu menyuruh agar engkau ke Pemakaman Baqi, untuk memohonkan ampun orang-orang yang telah dikubur di sana.”
Mendengar penuturan itu, aku langsung bertanya,” Lantas apa yang harus kukatakan jika datang ke kuburan?” Rasulullah ﷺ pun menjawab,” Katakanlah, ‘Kesejahteraan bagimu wahai para penghuni kubur yang terdiri dari orang-orang muslim dan mu’min. Semoga Allah mengasihi yang telah mendahului dan yang akan menyusul di antara kita. Dan sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah.”


Lihatlah, betapa cerdiknya Aisyah. Ketika Rasulullah ﷺ marah beliau mengalihkan pembicaraan dari hal yang mengundang kemarahan suaminya. Dan mengubah alur pembicaraan yang mengarah ke ilmu pengtahuan tentang hukum syari’at ajaran islam. Beliau menjadikan setiap kesempatan sebagai kesempatan meraup ilmu dan hikmah dari Baginda Rasuluillah ﷺ. Tak heran beliau menjadi istri yang menempati posisi khusus pada diri Baginda Rasulullah ﷺ.

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

1338total visits,3visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id