SEJARAH ADANYA KA’BAH

Yuk kita pelajari sejarah perkembngan ka’bah…..

Ka’bah yang terletak di tengah Masjidil Haram di Mekkah dengan bentuk bangunannya yang mendekati bentuk kubus. Ka’bah merupakan bangunan yang dijadikan sebagai patokan atau kiblat atau patokan arah untuk hal yang bersifat ibadah bagi umat islam di seluruh dunia seperti shalat. Selain itu Ka’bah merupakan bangunan yang wajid dikunjungi atau diziarahi bagi umat Islam pada saat musim haji dan umrah.

Ka’bah dinamakan sebagai bayt al atiq merupakan bangunan yang dipugar pada masa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail setelah Nabi Ismail berada di Mekkah atas perintah Allah SWT. DI dalam Al-Qur’an surat Ibrahim ayat 37 bahwa situs suci Ka’bah telah ada pada saat Nabi Ibrahim yang menempatkan Siti Hajar dan Nabi Ismail ketika masih bayi di lokasi tersebut.

Nabi Adam merupakan Nabi yang pertama kali mendirikan Ka’bah. Pada tahun 1500 SM  yang tercatat adalah pada tahun pertama Ka’bah dan kembali di dirikan. Berdua dengan putranya yang taat, Nabi Ismail , Nabi Ibrahim yang membangun Ka’bah dari bebatuan bukit Hira , Qubays, dan tempat tempat lainnya. Semakin tinggi dari hari ke hari mereka membangun Ka’bah , dan akhirnya selesai dengan panjang 30-31 hasta, lebarnya 20 hasta.

Pada awalnya bangunan tanpa atap , hanyalah empat tembok perseg dengan dua pintu. Di salah satu celah sisi bangunan yang diisi dengan batu hitam yang besar dikenal dengan nama Hajar Aswad. Batu ini tersimpan di bukit Qubays saat pada masa Nabi Nuh ketika banjir besar melanda. Batu ini sangat Istimewa, karena batu ini diberikan oleh Malaikat Jibril. 

SEMOGA BERMANFAAT~

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

210total visits,1visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id