Tips Mengambil Uang Di ATM Saat Umrah dan Haji

Jamaah umrah sering kali dihimbau untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar. Adapun jika membutuhkan tambahan uang lebih dari uang cash riyal yang sudah dibawa, jama’ah dapat menarik uang riyal dan berbelanja dengan kartu debit maupun kartu kredit.

Selain itu beberapa supermarket di dan pertokoan Modern di Mekkah dan Madinah juga sudah dilengkapi dengan mesin EDC (electronic data capture) untuk berbelanja tanpa uang tunai dengan memfungsikan kartu ATM para jamaah sebagai kartu debit maupun kartu kredit. Beberapa Bank yang menerbitkan kartu debit yang sudah bekerjasama dengan jaringan internasional.

ATM di Mekah dapat dijumpai antara lain di kompleks pertokoan yang terdapat di area hotel dekat Masjidil Harom, seperti di depan Hilton Tower, Hotel Sofwa Orchid, Grand Zam-zam Tower. Sedangkan di Madinah ATM bisa jamaah haji temukan diantara pertokoan di depan halaman utama masjid Nabawi seperti dibawah Taiba Suites, Hilton Suites, dan Movenpick Hotel.

Tak perlu khawatir saat menggunakan ATM di Saudi, berikut ini tips mengambil Uang di ATM Arab Saudi:

  1. Baca Basmallah.
  2. Pastikan Saldo uang kita cukup untuk penarikan tunai.
  3. Cocokkan logo jaringan internasional pada kartu ATM kita dengan logo jaringan Internasional di ATM, seperti Visa, Visa Electron, Master Card, Maestro, Cirrus, Plus, Alto dll. Logo harus cocok, kalau tidak cocok kartu kita akan ditolak.Kebetulan hampir semua bank di arab saudi bekerja sama dengan mastercard dan visa. Baik BCA, Cimbniaga, Mandiri, BRI, BNI semua bisa tarik tunai di arab saudi.
  4. Masukkan kartu, tunggu beberapa saat maka akan muncul menu pilihan bahasa, pilih tombol ke bahasa Inggris.
  5. Selanjutnya ketik nomor PIN, maka akan muncul menu transaksi, dan pilih cash withdrawal
  6. Selanjutnya ada pilihan jumlah riyal yang akan kita ambil. Berbeda dengan di Indonesia yang hanya memiliki satu jenis pecahan mata uang rupiah di satu mesin ATM, jumlah pilihan penarikan yang diberikan oleh Bank di Saudi terdiri dari pilihan 50, 100, 500, 1000, 1500, 2000, dan 5000 Riyal. Dan pilihan other amount jika jamaah ingin melakukan penarikan dalam jumlah yang berbeda, mata uang yang diberikan pun beragam dimulai dari pecahan 20, 50, 100, 200 dan 500 riyal dalam satu mesin ATM.
  7. Bila mau melakukan penarikan dalam jumlah besar, maka harus disesuaikan dengan maksimal penarikan sehari melalui ATM di Indonesia. Rata-rata penarikan maksimal per hari adalah 5 juta rupiah, kurskan dengan riyal, maka didapatkan angka kurang lebih 1500 riyal. Pilih 1500 riyal.
  8. Bila transaksi berhasil maka uang akan keluar dengan pecahan yang berbeda, namun jumlahnya tetap 1500 riyal. Kita akan mendapatkan struk bukti transaksi dengan sisa saldo dalam angka riyal.
  9. Setiap penarikan tunai akan dikenakan biaya administrasi, rata-rata bank di Indonesia akan menarik biaya Rp 25.000,00 per transaksi. Jadi, untuk berhemat, lebih baik melakukan sekali transaksi dengan jumlah yang banyak.
  10. Ambil uang kita, dan ucapkan alhamdulillah.
  11. CATATAN : Jangan sekali-kali memilih menu informasi saldo, karena akan ada potongan biaya yang besar setiap kali transaksi.

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

426total visits,4visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.