Umrah Itu Gratis ! Bahkan Menjadi Pembuka Rizqi

“Umrah itu gratis!” tukas Bayu Harisuara Aprianto, CEO PT. Kabilah Wisata Internasional. Tanpa ragu Bayu menegaskan kalimat tersebut. Menurutnya, ibadah umrah seperti halnya ibadah lain, shalat, puasa, dll. “Apakah kita memerlukan biaya untuk mengerjakannya? Tidak, kan? Umrah juga begitu.”

Tapi nyatanya untuk umrah dan haji kita perlu biaya yang tidak murah? Di sinilah kita perlu memosisikan dengan benar. Biaya yang besar itu berasal dari faktor lokasi. Pelaksanaan Umrah dan Haji dilaksanakan di Makkah, dan kita berada di Indonesia yang kemudian menjadikan seolah-olah untuk mengerjakan Haji dan Umrah perlu mengeluarkan biaya. Rincian biaya itu terdiri dari biaya transportasi, akomodasi dari pemberangkatan, selama di sana, hingga kembali lagi ke tanah air, ditambah biaya travel dan bimbingan. Namun untuk pelaksanaan ibadah umrah dan haji tetap tidak mengeluarkan biaya.

Semua biaya yang dikeluarkan untuk melakukan ibadah haji dan umrah itu terhitung sebagai infaq fii sabilillah, infaq di jalan Allah.

Allah SWT berfirman, “dan barang apa saja yang kamu nafkahkan maka Allah akan menggantinya, dan Dia-lah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya.” (Q.S. 34 : 39).

Ibnu katsir berkata tentang ayat ini, “yaitu apapun  yang kau infakkan di jalan yang diperintahkan kepadamu, maka Allah akan memberikan ganti di dunia dan memberikan pahala dan balasan di akhirat kelak.”

Tetamu Allah subhanahu wa ta’ala mendapatkan tiga macam jaminan. Pertama, pengharapan yang pasti dipenuhi. Kedua, pengabulan doa. Ketiga, biaya yang dikeluarkan untuk ibadah haji atau umrah pasti diganti atau mendapatkan balasan.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam,

“Orang yang melaksanakan haji dan orang yang melaksanakan umrah adalah tamu Allah swt. Allah SWT. Akan member apa yang mereka minta; akan mengabulkan doa yang mereka panjatkan; akan mengganti biaya yang telah mereka keluarkan; dan akan melipat-gandakan setiap satu Dirham menjadi satu juta Dirham.” [HR. Al-Fakihani dalam Akh baru Makkah]

Oleh karena itu, Ustadz Hilman Miftahurojak, salah satu pembimbing umroh Kabilah Tour, mengingatkan umat Islam saat berangkat menunaikan ibadah haji atau umrah supaya tidak memiliki keinginan yang lain, kecuali niat ibadah kepada Allah. “Sebab, dengan niat tersebut calon haji dijamin menjadi tamunya Allah, serta mendapatkan jaminan-jaminan dari-Nya.” Tutup ustadz yang akan membimbing jama’ah Kabilah Tour di awal Ramadhan 2018 ini.

 

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman dan Berkah

1168total visits,5visits today

One thought on “Umrah Itu Gratis ! Bahkan Menjadi Pembuka Rizqi

Leave a Reply

Your email address will not be published.