Yuk! Belajar Tata Cara Pelaksanaan Umroh

Banyak sebagian orang yang belum mengetahui pasti bagaimana pelaksanaan umrah, berikut ini tata cara pelaksanaan ibadah umroh seperti tuntunan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut;

  1. Mandi sunah untuk berihram
  2. Memakai pakaian ihram baagi laki-laki berupa dua lembar kain ihram yang berfungsi sebagai sarung dan penutup pundak. Adapun wanita, ia memakai pakaian yang telah di syariatkan untuk menutupi seluruh tubuhnya, namun tidak dibenarkan memakai cadar/niqab (penutup wajahnya) dan tidak di bolehkan memakai sarung tangan.
  3. Berihram dari miqat untuk umrah
  4. Tidak ada shalat khusus untuk berihram, namun jika bertepatan dengan waktu shalat wajib, maka shalatlah lalu berihram setelah shalat atau shalat sunah wudu. Kecuali jika miqatnya dari madinah(dzulhulaifah atau bir ali) maka disunahkan shalat dua rakaat dikarenakan keistimewaan dan berkah tempat tersebut. (HR. Bukhari dan Abu Daud)
  5. Setelah mengucapkan “talbiyah umrah” dilanjutkan dengan membaca dan memperbanyak talbiyah hingga tiba di Mekkah.
  6. Kemudian memulai tawaf umrah tujuh putaran, dimulainya dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad pula
  7. Setelah tawaf , menutup kedua pundaknya, lalu menuju ke makam Ibrahim
  8. Shalat sunnah tawaf dua rakaat di belakang makam Ibrahim pada rakaat pertama setelah membacaa surat Al-Fatihah, membaca surat Al-Kafirun dan pada rakaat kedua surat Al-Ikhlas.
  9. Setelah shalat, disunnahkan minum air zam-zam
  10. Kemudian menuju ke bukit Safa dan Marwa sebanyak 7 kali. Sai berakhir di bukit marwa.
  11. Setelah sai, maka bertahalul dengan memotong sebagian rambut atau menggundulinya
  12. Setelah memotong atau mencukur rambut, maka berakhirlah ibadah umroh dan anda telah di halalkan atau dibolehkan untuk mengerjakan hal-hal yang tadinya dilarang ketika dalam keadaan berihram.

 

“ Semua persiapan harus kita lakukan, sehingga perjalanan yang kita nantikan ini berlangsung dengan lancar , serta benar-benar memberikan arti dalam hidup kita”

 

Nah.. sekarang paham kan sedikitnya ada gambaran ketika nanti kita menjalankan ibadah umroh, semoga bermanfaat….

 

 

 

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

 

 

1660total visits,2visits today

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id