fbpx
10 views

KHANDAQ/ MASJID KHAMSAH DAN SEJARAHNYA

Khandaq/ Masjid Khamsah

Khandaq dalam segi bahasa yang berate parit, dalam sejarah islam yang dimaksud dengan Khandak yaitu peristiwa penggalian parit pertahanan yang berhubungan dengan peristiwa pengepungan kota madinah oleh orang kafir quraisy bersama sekutunya.
Masjid Khamsah/khandaq terletak di Gunung Sila’, masih di sekitar Madinah. Masjid ini dibangun untuk mengenang dan menghormati jasa pejuang dan syuhada saat Perang Khandak. Perang tersebut terkenal dengan paritnya. Hal itu merupakan ide brilian salah seorang sahabat Rasulullah asal Persia, Salman al Farisi.

Untuk menghormati pengorbanan para sahabat, kaum Muslimin membangun masjid di lokasi yang menjadi tempat pertahanan para sahabat. Mulanya, ada tujuh buah masjid yang dibangun. Oleh karena itu, masjid tersebut dinamakan dengan Masjid Tujuh (Sab’ah), yakni

  1. Pos salman Al farisi
  2. Pos Abu Bakar
  3. Pos Umar bin Khatab
  4. Pos Usman bin Affan
  5. Pos Ali bin Abi Thalib
  6. Pos Fatimah
  7. Pos Al Fattah ( markas Nabi SAW)

Proses pengepungan di kota madinah ini terjadi pada bulan syawal tahun kelima hijriah.

Menurut HM Iwan Gayo dalam bukunya Buku Pintar Haji dan Umrah, Muhammad Ilyas Abdul Ghani dalam History of Madinah, serta Abdul Halim dan Ikhwan dalam Ensiklopedi Haji dan Umrah, di lokasi ini pula Nabi berdoa selama tiga hari berturut-turut hingga Allah mengabulkan doa beliau untuk membantu pasukan kaum Muslimin. Dalam peperangan ini Allah mengirimkan tentara malaikat yang tak terlihat untuk memorakporandakan pasukan Quraisy.

Junaidi Halim juga menambahkan, dalam Makkah-Madinah dan sekitarnya, masjid-masjid lainnya merupakan tempat pertahanan para sahabat Rasul SAW ketika perang parit berlangsung. Untuk mengenang jasa mereka, dibangunlah masjid-masjid tersebut sebagai monumen penting dan diberi nama sesuai lokasi dan nama sahabat yang menempati tempat pertahanan tersebut.

Namun, karena kepentingan perluasan kawasan kota oleh Pemerintah Arab Saudi, beberapa lokasi masjid terkena gusur sehingga yang tersisa hanya lima buah dan dinamakan pula dengan Masjid Khamsah (Masjid Lima). Masjid yang tergusur, yaitu Masjid Ali dan Masjid Fatimah.

By : Kabilah Tour Mudah, Aman & Berkah

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id