fbpx
4 views

Tempat-Tempat Penting selama Haji dan Umrah Part 2

B. Arafah, Muzdalifah, dan Mina

Arafah, Muzdalifah, dan Mina adalah tiga tempat yang posisinya di luar kota Mekkah, namun masih berdekatan. Ketiganya adalah tempat yang utama untuk didatangi terkait dengan ibadah haji. Dimana tanpa datang ke tiga tempat itu, maka ibadah haji menjadi tidak sah, khususnya Arafah.

Sedangkan bila kita mengerjakan ibadah umrah, pada dasarnya kita tidak perlu mendatangi ketiga tempat itu, berhubung ritual umrah hanya terkait dengan tawaf dan sa’i saja, dimana semuanya dikerjakan di dalam lokasi masjid Al-Haram di Mekkah.

1.Arafah

Kota di sebelah Timur Makkah ini juga dikenal sebagai tempat pusatnya haji, yaitu tempat wukuf dilaksanakan, yakni pada tanggal 9 Dzulhijjah tiap tahunnya. Daerah berbentuk padang luas ini adalah tempat berkumpulnya sekitar dua juta jama’ah haji dari seluruh dunia. Di luar musim haji, daerah ini tidak dipakai

2. Muzdalifah

Tempat di dekat Mina dan Arafah, dikenal sebagai tempat jama’ah haji melakukan Mabit (Bermalam) dan mengumpulkan bebatuan untuk melaksanakan ibadah jumrah di Mina.

3. Mina

Tempat berdirinya tugu jumrah, yaitu tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan Nabi Ibrahim ketika mengusir setan. Di masing-masing tempat itu berdiri tuguyang digunakan unuk pelaksanaan: Jumrah Aqabah, Jumrah Ula, dan Jumrah Wustha. Di tempat ini, jama’ah juga diwajibkan untuk menginap satu malam.

C. Bersejarah Seputar Mekkah

Tempat bersejarah di seputar kota Mekkah cukup banyak, namun tidak termasuk tempat yang harus didatangi dalam rangka melaksanakan ibadah haji. Artinya, tanpa harus mendatangi tempat-tempat itu, ibadah haji kita sudah sah dan afdhal.

Namun, bila ada jama’ah haji atau umrah yang penasaran ingin melihat langsung seperti apa tempat-tempat bersejarah di seputar kota Mekkah, tentu tidak mengapa untuk dilihat atau didatangi. Asalkan kita tidak secara khusus membuat ritual tertentu yang tidak pernah disyariatkan di dalam agama Islam.

  1. Jabal Rahmah

Jabal Rahmah bermakna gunung (atau lebih tepatnya bukit) kasih sayang. Konon menurut sebagian riwayat, di bukit inilah dahulu Nabi Adam alaihissalam dan istrinya, Hawa, bertemu kembali setelah keduanya terpisat saat turun dari surga.

Peristiwa pentingnya adalah tempat turunnya wahyu yang terakhir pada Nabi Muhammad SAW, yaitu surat al-Maidah ayat 3.

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu.” (QS. Al-Maidah ayat 3)

2. Jabal Nur dan Gua Hira

Jabal Nur terletak kurang lebih 6 km di sebelah Utara Masjidil Haram. Di puncaknya terdapat sebuah gua yang dikenal dnegan nama Gua Hira. Di gua inilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama, yaitu surat Al-‘Alaq ayat 1-5.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang Mengajarkan (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq ayat 1-5)

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

3 . Jabal Tsur dan Guanya

Jabal Tsur terletak kurang lebih 6 km di sebelah Selatan Masjidil Haram. Untuk mencapati Gua Tsur ini memerlukan perjalanan mendaki selama 1.5 jam. Di gunung inilah Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq bersembunyi dari kepungan orang Quraisy ketika hendak hijrah ke Madinah.

“Jikalau kamu tidak menolongnya, maka sesungguhnya Allah telah menolongnya ketika orang-orang kafir mengeluarkannya sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada di dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita.” Maka Allah menurunkan keterangan-Nya kepada dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Al-Qur’an menjadikan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. At-Taubah ayat 40)

Artikel ini disadur dari Buku Seri Fiqih Kehidupan Jilid 6 : Haji & Umrah, halaman 277-279. Disusun oleh Ustadz Ahmad Sarwat, Lc., MA

By : Kabilah Tour Mudah, Aman dan Berkah

kabilah

KABILAH TOUR adalah Perusahaan yang telah memiliki legalitas PT (Perseroan Terbatas ) yang bergerak di bidang jasa Biro Perjalanan Wisata.Melayani promo paket umroh yang Mudah, Aman Dan Berkah hub: 022-5233562 / 081290007941, Jalan Leuwipanjang No.32B Kota Bandung 40234 kunjungi:http://www.kabilahtour.co.id